Wednesday 26 August 2015

PEMBUATAN KARANG BUATAN DI INDONESIA


Negara Indonesia yang memiliki Luas Wilayah Pantai Yang sangat panjang hendaknya di lakukan Perencanaan agar menjadi negara yang kuat. Di Daerah garis pantai yang panjang hendaknya pemerintah membangun daerah yang tidak bisa di lakukan penangkapan dengan pukat harimau atau mengunakan boom buatan oleh nelayan, misalnya dengan membuatan karang buatan yang besar dan berjeruji yang dapat merusak pukat harimau jika menebar pukat harimau di wilayah Indonesia. Sebagai perlindungan terhadap predator dan terhadap manusia yang ingin menangkap ikan yang masih kecil. 
Contoh dari karang buatan di dalam garis pantai atau laut bisa di tiru dari negara2 besar yang sudah memiliki keamanan seperti karang buatan yang bisa bertahan dari pukat harimau bahkan dari predator.  selain dapat memperbaiki ekosistem juga dapat membuat ikan kecil lebih aman dan meningkatkan jumlah ikan  di masa mendatang.
contoh karang buatan yang bisa bertahan dari pukat harimau antara lain, yaitu : 
1. Motor Tank yang sudah tidak di gunakan dan yang sudah di sterilkan agar tidak berbahaya bagi  ekosistem  laut, kapal Besar baja yang di buat serupa seperti persembunyian ikan,
2. karang dari beton atau semen yang di modifikasi untuk persembunyian ikan dengan ukuran besar yang di sebar di daerah yang sangat sering terjadi pencurian ikan seperti pulau natuna atau pulau sengan potensi pencurian tinggi. beton yang di modifikasi dengan geruji tajam yang membuat pukat harimau/ jaring yang besar rusak bahkan tidak bisa di gunakan lagi.
 3.adanya di buat persembunyian ikan yang di buat seperti membuat rumah ikan dari semen atau beton yang di buat atau di khususkan untuk ikan kecil saja dan di buat seperti terowongan kecil yang bisa menampung ikan kecil dalam jumlah banyak dan tidak bisa di tembus ikan besar. 

Dengan membuat karang buatan yang dapat merusak alat2 yang di larang maka akan sangat membantu pemerintah dalam memerangi tindakan ilegal fishing yang di lakukan negara luar dengan mengunakan kapal besar, bahkan dapat merusak terumbu karang di lautan dengan keserakahan manusia yang tidak bertanggung jawab. jika mencuri di lautan indonesia membuat kerugian dengan rusaknya alat2 mereka maka secara tidak langsung membuat kapal besar tidak akan mencuri di Negara Indonesia tercinta ini. dengan membuat terumbu karang buatan Yang di sebar acak sebagai ranjau untuk pukat harimau. 
Semoga saja kedepan pemerintah membuat karang buatan yang memiliki kekuatan dan relatif besar tempat persembunyian ikan kecil, seperti membuat karang buatan dari tank atau hal lain yang bisa di jadikan ikan sebagai persembunyian. dan pembuatan karang buatan dari luas wilayang yang besar mgkn tidak begitu terlihat mata tapi lama kelamaan akan sangat penting bagi pertumbuhan ikan, dan akan meningkatkan pendapatan masyarakat di masa akan datang. dan hendaknya pembangunan tidak hanya di darat tapi juga di laut agar negara ini menjadi kuat dan sejahtera.

No comments: