Sunday 22 February 2015

TEMPAT WISATA MUARA TEWEH

1. Panorama Air Terjun Jantur Doyan, Barito Utara, Kalimantan Tengah 

ALAMI: Air Terjun Jantur Doyan menjadi tempat favorit yang dikunjungi masyarakat di Kabupaten Barito Utara dan sekitar. Air terjun itu terletak sekitar 18 kilometer dari Kota Muara Teweh, ibu kota Kabupaten Barito Utara.
Terdapat gerbang masuk yang besar. Di dekatnya, ada sebuah warung dan lahan untuk parkir mobil. Sebenarnya mobil maupun sepeda motor bisa masuk ke dalam jika kondisi jalan sedang kering.
Jarak kawasan air terjun dari gerbang mencapai sekitar 500 meter. Selama perjalanan menuju lokasi, di kiri dan kanan jalan, terdapat pepohonan yang besar, teduh, dan sangat sejuk. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, ada tangga kayu yang didesain sedemikian rupa sehingga pengunjung betah berada di lokasi tersebut.
Air terjun itu memiliki tinggi sekitar empat meter. Di bawah air terjun, terdapat hamparan berbatuan yang mengalirkan air terjun ke sungai kecil. Di samping kiri dan kanan, tampak tebing yang curam membentuk 90 derajat.
walau jalan kesana agak susah tp akan terbayarkan dengan pemandangan yang eksotis...  dengan adanya ikut andilnya pihak dari sekitar masyarakat dalam mengelola semoga daerah ini menjadi pilihan bagi wisatawan kedepannya... semoga semakin maju kedepannya dan di harapkan adanya andil dari pihak masyarakat, pemerintah dan dari segala aspek agar semua menjadi lebih maju di masa akan datang.

2. Dam Trinsi Jadi Obyek Wisata Dadakan


Dam trinsing sekarang sudah merupakan salah satu obyek wisata pada pengunjung di Muara Teweh. Ini bukti bila pengelolaan obyek wisata didaerah setempat belum maksimal digarap. Padahal banyak tempat wisata yang tak kalah pesona dan indahnya pemandangann sekitarnya. Namun pengelolaan dan pemeliharaan tak dilakukan obyek wisata itu tak ubahnya menjadi benda mati yang sedap dipandang tapi tak menghasilkan apa-apa karena minimnya pengunjung, termasuk warga setempat malah lebih menyukai obyek wisata dadakan seperti dam trinsing ini. (SUARAPUBLIC)

Petualangan di Muara Teweh

Bagi Anda penyuka wisata petualangan, Anda dapat mengunjungi Muara Teweh. Muara Teweh merupakan titik awal sebelum memulai perjalanan menyusuri hutan dan pegunungan Kalimantan Tengah. Kota ini termasuk wilayah pedalaman yang berada di hulu Sungai Barito. Kawasan ini menjadi salah satu kawasan penebangan hutan.
Muara Teweh merupakan tempat  pemberherhentian terakhir perahu motor di Sungai Barito. Perjalanan selanjutnya ke hulu sungai hingga ke Purukcahu hanya dapat dilakukan jika kondisi air sungai memungkinkan untuk dilalui perahu motor. Dari purukcahu, perjalanan dilanjutkan ke Utara menggunakan perahu motor. Dengan ditemani pemandu, Anda dapat meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri hutan dan pegunungan Kalimantan. Di dekat Gunung Pucungapung, perbatasan antara Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur, terdapat tonggak yang menjadi simbol geografis bahwa tempat tersebut merupakan titik pusat Pulau Kalimantan.
INFORMASI
LOKASI:
Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

AKSES/TRANSPORTASI :
Banjarmasin-Muara Teweh menggunakan bus atau kendaraan pribadi dengan waktu tempuh kurang lebih 11 jam.

Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Barito Utara adalah :
- Air Terjun Jantur Doyan
- Hutan Lindung Pararawen,
- panorama Danau Butong,
- Air Terjun dan Danau Inih,
- serta Bendungan (dam) Irigasi Trinsing,
- Gua Siapa,
- Gua Lambung,
- Gua Liang Pandan,
- Gua Liang Idai,
- Gunung Lumut,
- kawasan Gunung Angah (Benangin Air terjun Sentuyun),

No comments: