Monday 23 February 2015

Wisata Kuliner Banjar Banar... Membahana

Wisata Kuliner Wajib di Banjarmasin – KalSel

Banjarmasin adalah ibu kota provinsi dari Kalimantan Selatan, kota ini juga dikenal karena pasar apungnya ini memiliki ragam kuliner yang menggoyang lidah. Letak geografisnya yang jauh dari laut membuat kuliner Banjarmasin di dominasi ikan air tawar, diantaranya yang paling khas adalah ikan haruan, atau lebih dikenal dengan nama ikan gabus. penasaran apa saja kuliner yang wajib di coba? yuk simak ulasan berikut ini…
Lontong Orari Banjarmasin
Lontong Orari Banjarmasin
LONTONG ORARI
Jl Simpang Sei Mesa Banjarmasin
Telp: 0511-325149
Rumah makan sederhana ini sudah menjadi legenda kuliner di Banjarmasin. Letaknya yang di dalam gang bahkan tidak mampu menyurutkan niat penikmatnya untuk tetap datang. Cukup merogoh kocek Rp. 20.000-an anda sudah bisa menikmati dua lontong segitiga dengan ukuran yang cukup besar dengan kuah sayur nangka bersantan kental dan pilihan lauk pendampingnya, yaitu ayam atau ikan haruan/ikan gabus. Jika porsi tersebut terlalu besar, anda bisa memesan setengahnya saja. Saking terkenalnya rumah makan ini, tak heran beberapa tahun terakhir dindingnya dihiasi branding provider telekomunikasi.
Soto Banjar Bang Amat
Soto Banjar Bang Amat
SOTO BANJAR BANG AMAT
Jl. Benua Anyar RT 2 No. 56 Banjarmasin
Telp.: 0511 7746004, 7406164
Tidak ke Banjarmasin namanya jika tidak mengunjungi pasar apung, dan salah satu pasar apung yang paling populer adalah pasar apung Lok Baintan. Di sanalah kita bisa bernostalgia ala tahun 90-an dengan pose RCTI oke yang diperagakan pedagang lokal. Dari situ, rasanya tidak lengkap jika tidak mampir untuk sarapan di kedai Soto Banjar Bang Amat yang terletak di pinggir sungai Martapura. Kedai soto paling tersohor di Banjarmasin ini memiliki citarasa yang gurih dan segar dengan perasan jeruk nipis. Dalam penyajiannya kita bisa memilih dengan nasi atau lontong. Dengan ditemani minuman jeruk hangat, rasanya sarapan di Banjarmasin menjadi sangat sempurna di Kedai Soto Bang Amat.
Ketupat Kandangan
Ketupat Kandangan
KETUPAT KANDANGAN
merupakan kuliner khas yang berasal dari daerah Kandangan, 30 Km dari Banjarmasin. Seperti ketupat pada umumnya, bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras namun dimasak tidak pulen, mirip nasi yang dipadatkan hingga mudah hancur ketika dimakan. Yang unik adalah, cara makan ketupat Kandangan dengan menggunakan tangan agar kuahnya lebih meresap. Perbedaan ketupat Kandangan dengan jenis ketupat lainnnya adalah penggunaan ikan haruan/gabus sebagai menu pelengkap. Ikan gabus sebelumnya harus di panggang dulu sebelum direbus menggunakan santan. Kemudian, Ikan Gabus beserta kuahnya disiramkan ke ketupat. Kuliner ini dapat dimakan untuk makan pagi, siang atau malam.

No comments: