Wednesday 8 April 2015

WISATA AIR TERJUN TERBAIK KALSEL

Di Provinsi Kalimantan Selatan ada berbagai macam tempat wisata Air terjun, dan ini adalah daftar tempatnya:

WISATA LOKSADO

1. Air Terjun Haratai (Kandangan).

terletak di Desa Haratai, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Indonesia. Kandangan sebagai ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan terletak sekitar 120 Km dari Kota Banjarmasin. Loksado adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang mempunyai pesona alam pegunungan yang masih asri.
Untuk menuju Desa Haratai yang terletak sekitar 60 Km dari Kota Kandangan, anda dapat memilih angkot jurusan Kandangan-Loksado dengan ongkos Rp. 10.000 - Rp. 15.000. Untuk menuju Desa Haratai anda bisa menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 3 jam sembari menikmati suguhan alam nan eksotik ini yang terletak di pegunungan Meratus. Namun bagi anda yang tidak kuat menempuh perjalanan sejauh itu, masyarakat sekitar menyediakan jasa ojek dengan ongkos Rp. 25.000 – Rp. 30.000.




2.Air Terjun Riam Hanai (Kandangan)
Wisata air terjun Riam Hanai di kawasan balai adat Malaris Desa Lok Lahung Kecamatan Loksado merupakan air terjun yang sangat deras dengan ketinggian 4 meter.


3. Air terjun Riam Mambanin (Tabalong)
Obyek wisata alam dengan air terjun setinggi sekitar 5 m, terletak di desa Marindi Ke.Haruai Kabupaten Tabalong Kal-Sel,yang  menjanjikan kesejukan, kesegaran dan udara yang sehat dan deru air yang menyejukkan hati.  Sayangnya obyek ini masih belum terawat maksimal, dimana-mana sampah dan onggokan ranting “mengganggu” indahnya riam-riamnya..
Jalan ke Riam Mambanin baru terbuka sekitar tahun 2007, dimana atas inisiatif masyarakat setelmpat bergotongroyong membangun jalan kecil menuju obyek wisata ini.  Tak hanya secara swadaya, Pemerintah Daerah pun membantu pembangunan akses ke obyek wisata alam ini, bahkan menurut H. Rijani, Kepala Desa Marindi, untuk tahun 2009 dan 2010 total dana yang dikucurkan pemerintah untuk membantu membangun jalan akses ini mencapai 400 juta rupiah.

Perjalanan ke Riam Mambanin cukup menjanjikan sesuatu yang berbeda, sepanjang jalan kita akan dijamu dengan udara segar yang dihembuskan dari kebun karet yang juga menjadi nafas ekonomi masyarakat Marindi.  Aktifitas menyadap dan mengangkut karet merupakan obyek yang cukup unik untuk diamati, khususnya untuk mereka yang belum pernah menjalaninya.  Selain kebun karet, perjalanan juga akan ditemani anak-anak sungai berair tenang lagi jernih, pohon-pohon bambu, ladang dan kebun buah-buahan khas Tabalong. 

4.Air Terjun Lano (Tabalong)
Objek Wisata Air Terjun Lano adalah objek wisata alam yang menarik. berlokasi di kawasan hutan di Desa Lano, Kecamatan Jaro, Kab.Tabalong dengan jarak sekitar +2 Km dari Jalan penghubung Kaltim Kalsel.
Topografi dari lokasi ini adalah tanah berbukit dan bergunung-gunung dengan pemandangan sekitar berupa keindahan hutan perawan yang menarik. Lokasi wisata ini dapat ditempuh sekitar +70 Km dari kota pusat kota (2jam) dari pusat kota ketinggian Air terjun ini sekitar 15 Meter. 




5.Air Terjun Balangdaras  (Tanah Laut).
Air terjun Balangdaras adalah sebuah air terjun yang terletak 25 km dari Kota Pelaihari, Tanah Laut, Kalsel, tepatnya di Desa Tanjung, Pelaihari, Tanah Laut.
Air terjun Balangdaras memiliki panorama pegunungan yang indah dan eksotik. Berada di ketinggian pegunungan dengan ketinggian ± 45 meter. Air Terjun Balangdaras yang berada di kawasan Pegunungan Meratus.

6.Air Terjun Tumpang Dua (Kotabaru).
Air Terjun Tumpang Dua terletak di desa Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Utara. Dari kotabaru ditempuh dengan jarak lebih kurang 12 Km. Disebut Tumpang Dua dikarenakan memiliki 2 aliran. Selain air terjun, disediakan juga bagi pengunjung kolam renang dimana sumber airnya berasal dari air terjun tersebut.Jika ingin melepas kepenatan, pengunjung dapat duduk dibawah rimbunan pohon sambil menikmati hawa pegunungan.




 7.Air Terjun Tumaung (Barabai).
Air terjun adalah merupakan formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Biasanya air terjun alami paling sering dijumpai di daerah pegunungan berbatu. Di Indonesia, potensi air terjun sangat banyak ditemukan, termasuk di kabupaten Hulu Sungai Tengah. Air Terjun Tumaung disediakan bagi anda yang berjiwa petualang alam. Lokasinya berada diperbatasan antara kecamatan Hantakan dan Batang Alai Timur. Letaknya memang agak jauh dari ibukota kabupaten HST. Ketinggian air terjun ini mencapai 20 meter dan dibawahnya membentuk sebuah genangan sebelum mengalir ke sungai. Hawanya dingin dan sejuk. Untuk mencapai air terjun Tumaung, dari Hinas Kiri, masih bisa menggunakan kendaraan roda empat sejauh lebih kurang 3 kilometer di atas jalan perkerasan, dan selebihnya harus ditempuh dengan berjalan kaki menelusuri jalan setapak.



Dari daftar di atas masih banyak lagi tempat wisata Air terjun yang belum terekspos oleh masyarakat Kal-Sel,
Sumber: www.rachmanoxford.blogspot.com
              blogairtumaung.blogspot.com

No comments: